PENANGKAL PETIR RUMAH

PENANGKAL PETIR RUMAH – PENANGKAL PETIR KONVENSIONAL

Manusia selalu mencoba untuk menjinakkan keganasan alam, salah satunya adalah bahaya sambaran petir. Ada beberapa metode untuk melindungi bangunan dan lingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana untuk anti petir atau penangkal petir rumah tapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday, yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan pembumian.

Pemasangan penangkal petir atau anti petir untuk rumah adalah memberikan saluran elektris dari atas bangunan ke tanah dengan tujuan bila ada sambaran petir yang mengenai atas bangunan maka arus petir bisa mengalir ke grounding dengan baik. Standart kabel penangkal petir atau anti petir yang di gunakan adalah minimal 50 mm” (SNI), untuk memilih kabel penangkal petir atau anti petir di bawah 50 mm” tidak di sarankan walau kenyataan di lapangan banyak di gunakan.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memilih jalur penurunan kabel penangkal petir atau anti petir, ada 2 hal penting dalam pemilihan jalur kabel penangkal petir ini. Pertama jalur terpendek dengan pertimbangan lebih hemat dan tahanan kabel kecil, Kedua Sesedikit mungkin belokan atau tekukan agar tidak terjadi loncatan keluar jalur kabel (site flasing). Pekerjaan pemasangan dimulai dari bawah atau dari grounding.

PENYALUR PETIR KONVENSIONAL

Jenis instalasi penangkal petir atau anti petir yang lebih cocok untuk rumah tinggal adalah jenis instalasi penangkal petir konvensional, yakni rangkaian jalur instalasi penyalur petir yang bersifat pasif menerima sambaran petir.

Ada 2 tipe instalasi penangkal petir konvensional yang di gunakan :

  1. Faraday Cage/Sangkar Faraday
    Penangkal Petir sangkar faraday adalah rangkaian jalur elektris dari bagian atas bangunan menuju tanah atau groundingdengan beberapa jalur penurunan kabel, sehingga menghasilkan jalur konduktor berbentuk sangkar yang melindungi bangunan dari sambaran petir. Pemanfaatan struktur logam sebuah bangunan bisa dimanfaatkan, misalnya rangka baja, konstruksi beton, frame alumunium, dll.
  1. Franklin Rod/Jalur Instalasi Tunggal
    Penangkal Petir Franklin Rod adalah rangkaian jalur elektris dari atas bangunan menuju sisi bawah/tanah dengan jalur kabel tunggal, dengan cara memasang alat berupa batang tembaga dengan daerah perlindungan berupa kerucut imajiner dengan sudut puncak 112 derajat. Agar daerah perlindungan luar maka Franklin Rod di pasang pada bangunan teratas (tinggi 1 – 3 Meter). Makin jauh dari Franklin Rod maka perlindungan akan semakin lemah pada areal tersebut.

Dari kedua tipe instalasi penangkal petir konvensional tersebut tentunya sangat di pertimbangkan mengenai standart keamanan, kualitas instalasi, biaya dan estetika menjadi titik tolak utama bagi kita untuk memilih, memakai system pengamanan sambaran petir manakah yang sesuai untuk bangunan kita.

Tentang Penangkal Petir - Anti Petir

PT. Jaya Angkasa Globalindo merupakan sebuah perusahaan swasta sebagai Instalatir Penangkal Petir di Indonesia yang sangat profesional dan berpengalaman, sudah ribuan pemasangan instalasi penangkal petir serta hasil karya pengamanan yang merupakan solusi dari permasalahan sambaran petir kami lakukan tersebar di seluruh Indonesia.
Pos ini dipublikasikan di solusipetir.wodpress.com. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar